Materi Kursus

Komputer Aplikasi Bisnis dan Administrasi Perkantoran

Keahlian yang dikuasai:

PENGENALAN KOMPUTER DAN WORD
Pertemuan awal program kursus komputer administrasi perkantoran mengajarkan peserta kursus untuk mengenal windows, melakukan manajemen file dan folder dengan tepat. Kemudian peserta kursus juga belajar menggunakan flashdisk, praktek copy folder dari komputer ke flashdisk, scan fashdisk dari virus, ejek flashdisk, disk defrag, disk clean up dan format drive.

Setelah konsep dasar itu dipahami baru menggunakan software pengolah kata untuk membuat berbagai macam format dokumen. Misalnya: Surat, proposal, formulir, daftar isi & index secara otomatis, pengiriman dokumen secara massal yang data penerimanya bisa diambil dari database Excel, Outlook atau dibuat sendiri. Selanjutnya melacak perubahan dokumen, membandingkan dan menggabungkan dokumen, security dokumen dan mencetak dokumen.

MICROSOFT OFFICE EXCEL
Pertemuan ke-5 sampai ke-10 fokus mempelajari Excel agar bisa membuat membuat laporan berupa tabel lebih menarik dengan perhitungan yang cermat dan akurat. Misalnya menggunakan fungsi aritmatika, fungsi absolute untuk mengunci cell, subtotal, rank, fungsi logika (IF), pembacaan tabel (vlookup dan hlookup), waktu, pivot table, data consolidation, address, match, index, invoice, purchase order, stok dan penggajian.
Pada akhir pertemuan excel, peserta kursus akan dituntun membuat aplikasi sederhana berbasis database yang sifatnya dinamis, kemudian aplikasi itu akan dilengkapi juga dengan sistem proteksi data baik dari sisi cell, sheet maupun workbook.

POWER POINT, INTERNET & EMAIL
Menggunakan software power point untuk membuat slide presentasi, mendesain template dan video promosi yang bersifat atraktif & animatif. Kemudian dijelaskan juga cara berprestasi dari sisi penggunaan alat, intonasi, penguasaan ruang dan audien.

Pada pertemuan ini peserta kursus juga diajarkan cara menggunakan internet untuk membantu pekerjaan di bidang administrasi perkantoran. Misalnya: teknik pencarian data di search engine, teknik download file baik berupa gambar, video, doc, pdf dan yang lainnya. Menariknya, pada pertemuan ini juga akan dijelaskan daftar situs download file gratis serta cara menggunakan situs online untuk membantu pekerjaan di kantor (Ex: Convert file dari doc ke pdf, foto ke pdf atau yang lainnya).

Selanjutnya diujung penjelasan mengenai penggunaan internet, peserta kursus akan diajak membuat email menggunakan gmail atau yahoo. Kemudian pada penjelasan ini juga dipraktekkan cara mengirim email, menerima email, attacth file, reply email, pengugunaan to, cc, bcc, folder serta organisir email.

APLIKASI GOOGLE UNTUK PRODUKTIFITAS
Dalam upaya meningkatkan produktifitas kerja, peserta kursus juga harus mampu menggunakan berbagai aplikasi online secara tepat guna.
Adapun aplikasi online yang akan diajarkan pada pertemuan ini adalah produknya google. Diataranya: Google Drive, Google Form, Google Hangout, Google Doc, Google Sheets, Google Presentation.

OUTLOOK & EVALUASI
Materi terakhir yang akan dipelajari adalah menggunakan outlook untuk menerima dan mengirim email. Dimana, peserta kursus mampu membuat email dengan nama domain tertentu, melakukan setting email seperti POP3 dan SMTP, signature, rules, contact list, export dan import contact, mengatur folder dan kalender.

Kemudian pada pertemuan ini juga akan diadakan review semua materi kursus dan evaluasi.


Jumlah Pertemuan dan Harga
Waktu dan Total Jumlah Pertemuan 2 Jam 16 Kali
Harga Kursus Kelas (1 Kelas Minimal 4 Orang) Rp 1.750.000,-
Harga Kursus Private Rp 6.500.000,-


*) Biaya kursus bisa diangsur 2X

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.